Saturday 28 July 2012

Muslim Rohingnya Memanggil !?

Assalamualaikum Warahmatullah...

Sebuah kejadian yang menjadi renungan buat ramadhan kali ini, hari demi hari korban terus berjatuhan di Tanah Myanmar yang kenyataannya korban tersebut ialah saudara kita sesama muslim. Pembantaian teruas dilakukan pihak pemerintah  Myanmar kepada umat muslim rohingnya.Dari data yang ada sudah sekitar 650 dari sebanyak satu juta Muslim Rohingya tewas selama bentrokan terjadi di wilayah barat Rakhine, Myanmar. Sementara sekitar 1.200 orang lainnya dinyatakan hilang, dan 90 ribu Muslim Rohingya kini terlantar.  Pemerintah Myanmar sendiri tidak mengakui Muslim Rohingya dan menyebut mereka sebagai imigran gelap, meskipun mereka tinggal di negara itu selama beberapa generasi, kata Muslimin. Akibatnya Muslim Rohingya terpaksa mengungsi ke berbagai negara terdekat, seperti di Bangladesh sekitar 400 ribu jiwa, di Thailand 60 ribu jiwa, di Pakistan 40 ribu jiwa dan di Malaysia sekitar 40 ribu jiwa.

Populasi Muslim Rohingya di Myanmar sekitar 4,0 persen atau hanya sekitar 1,7 juta jiwa dari total penduduk negara itu sekitar 42,7 juta jiwa. Jumlah itu menurun drastis dari catatan pada dokumen Images Asia 'Report On The Situasion For Muslim In Burma pada Mei 1997'yang dalam laporan itu umat Muslim mendekati tujuh juta jiwa, kata Muslimin.
Lantas apakah kita hanya berdiam di Wilayah yang umat Muslimnya paling besar ini? atau peduli dengan menggelar aksi pengutukan demi pengutukan terhadap pemerintah Myanmar? Mungkin itu hanya untuk menaikkan semangat perjuangan membela muslim, Menyadarkan masyarakat, dan sesudah itu pada bingung ketika pemerintah Myanmar masih tetap menjalankan aksinya. MUI juga meminta Pemerintah Indonesia untuk mendesak PBB melakukan langkah konkret menindaklanjuti peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM yang dialami muslim Rohingya.
“Sangat disesalkan hingga saat ini Dewan Keamanan PBB belum mengirimkan pasukan perdamaian untuk melindungi etnis Rohingya di Myanmar,” katanya.

Apakah sudah cukup dengan itu?
saya pikir tidak kawan-kawan.. Saya yakin banyak lembaga-lemabaga muslim, organisasi-organisasi muslim yang kemudian tangap akan kejadian ini, sebagian bertindak untuk menggelar aksi protes dan pendesakan terhadappemerintah indonesia untuk membantu menyelesaikan bentrokan di Myanmar dan sebagaian ada juga yang sama sekali belum menggelar aksi apapun tetapi kemudian sedang mempersiapkan Aksi yang Insyaallah langsung tepat pada sasaran dan tentu berdampak positif bagi saudara-sauadara kita Muslim Rohingnya.

Mari doakan Muslim Rohingnya, sambut panggilan mereka dengan semangat persaudaraan muslim pada diri kita...



Wassalamu'alaikum Warahmatullah..
Mahfuzi Irwan Saragih --

No comments:

Post a Comment